Wow Sudah 83 Polisi Diperiksa Dalam Dugaan Pelanggaran Etik Kasus Pembunuhan Brigadir Josua

Jakarta, Kapolres Jakarta Selatan non aktif, Kombes Pol Budhi Herdi Susianto turut dipatsuskan oleh timsus Mabes Polri. Kombes Pol Budhi ditempatkan khusus di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Penempatan khusus ini dalam rangka penyidikan dugaan pelanggaran etik dan tidak profesional dalam melaksanakan penanganan tempat kejadian perkara pembunuhan Brigadir Nofriansyah Josua Hutabarat (Brigadir Josua / Brigadir J) pada Jumat (8/7/2022).

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyatakan bahwa sampai dengan saat ini, 83 personil kepolisian telah diperiksa dalam dugaan pelanggaran etik dalam penanganan tempat kejadian perkara dan penyidikan kasus pembunuhan terhadap Brigadir J.

“Kombes Pol Budhi (Kapolres Jakarta Selatan Nonaktif) sudah dipatsuskan di Mako Brimob dan 83 Personil Kepolisian sedang diperiksa dalam kasus etik”, Ujar Dedi kepada wartawan.

Kombes Pol Budhi sebagai Kapolres Jakarta Selatan merupakan personil yang memimpin olah TKP dan penyidikan pembunuhan Brigadir J di kediaman eks Kadivpropam Mabes Polri Irjen Pol Ferdy Sambo.

Kadiv Humas Mabes Polri mendapat bahan konfrensi pers (11/8/2022) dari Kapolres Jakarta Selatan yang menjelaskan bahwa meninggalnya Brigadir J disebabkan terjadinya tembak menembak antara Brigadir J dan Bharada Richard Eliezer (Bharada E)

Kadiv Humas Mabes Polri juga mengklarifikasi bahwa konfrensi pers yang disampaikan oleh Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan berasal dari Kapolres Jakarta Selatan dan Karo Provost Brigjen Pol HK.

Kadiv Humas Mabes Polri juga menyampaikan bahwa Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengky Hariady sedang diperiksa oleh inspektorat khusus Mabes Polri. Namun belum diperoleh informasi apakah Dirkrimum Polda Metro Jaya tersebut akan menyusul wadirkrimum Polda Metro Jaya yang sudah terlebih dahulu dipatsuskan di Mako Brimob.