Kantor Berita Simantab
Pusat informasi dan berita politik, ekonomi, hukum, budaya dari kabupaten karo, pakpak, dairi, toba, melayu, simalungun dan budaya jawa.

Presiden Indonesia Joko Widodo Resmi Jabat Presidensi G20

Motto: Recover Together, Recover Stronger

Simantab, Dunia – Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo resmi menerima amanah sebagai Presidensi G20. Bapak Ir. Joko Widodo resmi menerima estafet kepemimpinan G20 dari Italia.

Presiden Republik Indonesia belum pernah menjadi Presidensi G20. Ini adalah pertama kalinya Presiden Republik Indonesia menjadi keketuaan atau Presidensi negara negara G20.

Penyerahan tongkat estafet Presidensi G20 diserahkan oleh Perdana Menteri Italia Mario Draghi kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada saat penutupan KTT G20 di Roma, Italia, hari Minggu, 31 Oktober 2021.

Penyerahan Presidensi G20 ditandai dengan penyerahan palu dari Mario Draghi ke Jokowi. Dalam kata sambutannya, Jokowi mengucapkan selamat kepada Italia yang telah berhasil mengemban tugas sebagai Presidensi G20 dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan negara negara anggota G20 kepada Indonesia sebagai Presidensi.

Presiden Jokowi menambahkan bahwa Presidensi G20 pada tahun 2022 yang diemban oleh Indonesia akan mengusung agenda besar pemulihan dunia pasca pandemi dengan motto: Recover Together, Recover Stronger

“Upaya tersebut harus dilakukan dengan cara luar biasa, terutama melalui kolaborasi dunia yang lebih kokoh, dan inovasi yang tiada henti. G20 harus menjadi motor pengembangan ekosistem yang mendorong kolaborasi dan inovasi ini. Hal ini yang harus terus kita perdalam pada pertemuan-pertemuan kita ke depan”

Ir. Joko Widodo (Presidensi G20)

Pada kesempatan yang sama Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo mengundang pimpinan negara anggota G20 untuk hadir di Indonesia dalam Konfrensi Tingkat Tinggi G20 tahun 2022 yang akan diselenggarakan pada 30 – 31 Oktober 2022 di Pulau Dewata Bali.

G20 adalah forum pertemuan pemimpin dunia yang fokus pada bidang ekonomi. Negara yang menjadi anggota G20 adalah negara negara yang memegang 80 persen perekonomian dunia.

Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi anggota G20 pada tahun 2008 dan menjadi satu satunya negara di Asia Tenggara yang menjadi anggota G20.

Detik Detik Serah Terima Presidensi G20 Kepada Jokowi

Top Radio Banner
Comments
Loading...

Situs ini menggunakan kuki untuk memberikan pengalaman terbaik bagi anda dalam menggunakan layanan kami. Kami memegang komitmen untuk melindungi privasi anda dan menjadikan keamanan data menjadi prioritas kami SetujuBaca Lagi