Kantor Berita Simantab
Pusat informasi dan berita politik, ekonomi, hukum, budaya dari kabupaten karo, pakpak, dairi, toba, melayu, simalungun dan budaya jawa.

Meski Harga Naik, Peminat Ayam Jelang Puasa Meningkat

Siantar – Meski harga sedang naik, sehari jelang puasa warga pembeli daging ayam di pasar tradisional Pematangsiantar tetap meningkat. Terutama yang paling banyak digandrungi, yakni jenis ayam merah dan ayam potong.

Untuk harga daging ayam merah mencapai Rp 40 ribu dari harga sebelumnya Rp 35 ribu per kilogram (Kg). Sedangkan untuk harga ayam potong kini dibanderol menjadi Rp 32 ribu dari harga Rp 28 ribu per Kg,

“Memang pada naik semua sekarang. Pembeli pun justru bertambah, ya mungkin buat keperluan selama ibadah puasa ini,” ujar Suparmin, pedagang ayam di Pasar Horas di Jalan Merdeka, Kota Pematangsiantar, Senin (12/4/2021).

Kenaikan itu kata Suparmin, lazim terjadi saat masuk bulan puasa. Namun, dia yakin masuk di bulan pertengahan, harga daging ayam akan turun lagi, bahkan bisa turun dari harga awal Rp 28 ribu per Kg.

BACA JUGA

Baca Juga:

Dakwaan Lengkap Yudi Pangaribuan

Terdakwa Kasus Penembakan Jurnalis Siantar Mara Salim Harahap

Ambarita, Youtuber Polisi Dimutasi

Sempat Viral, Ngotot Periksa HP Dan Dianggap Melanggar Privasi

Hindari Covid, Ini Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 2021

Jokowi Beber Alasan Tak Usah Mudik Lebaran

“Mau gitu, awal puasa naik. Tapi pas pertengahan turun, dan penutupan puasa naik lagi bisa mencapai Rp 40 ribu untuk harga daging ayam potong,” jelasnya seraya melayani pembeli.

Ketika ditanya, apakah harga daging ayam kampung naik? Suparmin menambahkan, untuk saat ini ayam kampung turut naik mencapai Rp 65 ribu dari harga semula Rp 60 ribu.

“Kebanyakan masyarakat pelihara ayam kampung sendiri di rumah. Jadi jarang mereka beli di sini, paling satu dualah. Pokoknya banyak diminati itu apalagi bulan puasa jenis ayam merah sama ayam potong,” imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan, meski permintaan pasar semakin meningkat dari hari biasanya, stok ayam yang diambilnya dari Kota Medan tersebut, aman sampai usai lebaran nanti.

“Amanlah kalau stok, dan masyarakat tak perlu khawatir karena pasokan dari petani lancar jaya. Ya, walaupun banyak langganan termasuk rumah makan dan sebagainya ngambil ayam sama kami,” pungkasnya. (Yud)

Top Radio Banner
Comments
Loading...

Situs ini menggunakan kuki untuk memberikan pengalaman terbaik bagi anda dalam menggunakan layanan kami. Kami memegang komitmen untuk melindungi privasi anda dan menjadikan keamanan data menjadi prioritas kami SetujuBaca Lagi