IKLAN SAMPING SIMANTAB oleh Silverius Bangun
IKLAN SAMPING SIMANTAB oleh Silverius Bangun

Kesalahan Terbesar Jokowi, Jadikan Luhut Sebagai Komando Penanganan Covid

Luhut dan Presiden Joko Widodo saat di Toba. (Foto: Instagram)

Jakarta – Tokoh Islam dari Nahdlatul Ulama (NU) Ulil Abshar-Abdalla mengungkap kesalahan terbesar Presiden Jokowi dan Menteri Luhut Binsar Pandjaitan selama menangani pandemi Covid-19.

Ulil mengungkap itu lewat akun media sosial Twitter, Rabu, 14 Juli 2021. Dia berpandangan Jokowi salah besar menyerahkan komando penanganan pandemi Covid-19 atau penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa-Bali.

“Kesalahan terbesar Pak Jokowi hari-hari ini, saat gelombang pandemi begitu dahsyatnya: menyerahkan kendali pandemi di Jawa-Bali ke Luhut,” tulisnya.

“Dan kesalahan terbesar Luhut setelah diserahi kendali: mengatakan, pandemi sudah terkendali. Sementara kenyataan di lapangan parah sekali,” demikian cuitan Ulil yang juga dikenal sebagai tokoh Islam Liberal di Indonesia.

Jadi yang bicara tidak terkendali itu bisa datang ke saya, nanti saya tunjukkin ke mukanya

Sebelumnya Luhut lewat pernyataan pers seperti disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 12 Juli 2021 menegaskan bahwa kondisi Covid-19 di Indonesia terkendali.

Menurut dia, jika ada pihak yang tak sepakat, pihaknya siap menyodorkan data bahwa situasi Covid-19 di Indonesia terkendali.

“Jadi kalau ada yang berbicara bahwa tidak terkendali keadaannya, sangat-sangat terkendali. Jadi yang bicara tidak terkendali itu bisa datang ke saya, nanti saya tunjukkin ke mukanya bahwa kita terkendali, jadi semua kita laksanakan,” kata Luhut.

Luhut menjelaskan panjang lebar mengenai perkembangan PPKM Darurat Jawa-Bali. Dia juga menyampaikan mengenai kondisi obat-obatan, oksigen hingga tempat tidur untuk pasien Covid-19. Dia percaya dalam beberapa hari ke depan, kasus Covid-19 akan membaik.

“Bahwa kita punya masalah, saya berkali-kali sampaikan yes kita punya banyak masalah dan ini masalah kita perbaiki dengan tertib karena tim saya ulangi tim bekerja sangat kompak,” ujar Luhut.[]

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.