Kantor Berita Simantab
Pusat informasi dan berita politik, ekonomi, hukum, budaya dari kabupaten karo, pakpak, dairi, toba, melayu, simalungun dan budaya jawa.

Iklim Ekstrem, Ijeck Minta Warga Sumut Waspada

Wagub Sumut Musa Rajekshah. (Foto: Andi Nasution)

Medan – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengimbau masyarakat mewaspadai bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu akibat perubahan iklim dan cuaca, di mana belakangan ini curah hujan tinggi dan angin kencang.

“Potensi bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan lainnya,” kata Musa Rajekshah, Selasa (24/8/2021).

Menurut pria yang akrab disapa Ijeck ini, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), yang mengingatkan adanya potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat dan petir, hujan es dan lainnya.

“Kita harus hati-hati dan waspada, cuaca ekstrem akhir-akhir ini berpotensi mengakibatkan banjir, longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan lain-lain,” kata Ijeck.

Saya sudah perintahkan BPBD provinsi agar bersiaga.

Baca Juga:

Pasar Ikan Tanjung Tiram Diresmikan Sebagai Pasar Tertib Ukur

Alat Ukur Berstandart Nasional Untuk Nelayan Akan Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Kepada Nelayan Batu Bara

Bupati Batubara IR. H. Zahir M.AP Raih Penghargaan Manggala Karya Kencana

Satu Satunya Bupati Dari Sumatera Utara Yang Meraih Penghargaan

Ijeck juga mengingatkan informasi dari BMKG, bahwa mulai Selasa (24/8/2021) hingga Kamis (26/8/2021), Sumut termasuk wilayah yang akan mengalami kondisi cuaca yang cukup bervariasi.

“Hati-hati, BMKG sudah mengingatkan. Dari tanggal 24 sampai 26 Agustus ini cuaca di daerah kita akan bervariasi. Sebagian besar akan berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga deras,” katanya.

Sebagai tindak lanjut dari informasi tersebut, Ijeck pun telah memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut untuk sigap mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi. 

Selain itu, Ijeck juga meminta BPBD Sumut untuk meningkatkan koordinasi dengan BPBD kabupaten dan kota se Sumut, agar setiap tindakan yang dibutuhkan dapat dipersiapkan secepatnya.

“Saya sudah perintahkan BPBD provinsi agar bersiaga. Komunikasi dan koordinasi dengan kabupaten dan kota harus lebih intens, biar semuanya sudah siap sebelum dibutuhkan. Kita berdoa semoga Tuhan melindungi dan kita tetap dalam kondisi aman,” tutur Ketua Golkar Sumut ini. [Andi]

Top Radio Banner
Comments
Loading...

Situs ini menggunakan kuki untuk memberikan pengalaman terbaik bagi anda dalam menggunakan layanan kami. Kami memegang komitmen untuk melindungi privasi anda dan menjadikan keamanan data menjadi prioritas kami SetujuBaca Lagi