Syarat Naik Pesawat Dari Medan Menuju Jakarta

Ilustrasi perjalanan dengan pesawat terbang

Simantab, Traveloka – Buat anda yang wajib berpergian dengan menggunakan pesawat terbang dari Bandara Kuala Namo Medan menuju Bandara di Jakarta, Informasi ini sangat berarti bagi anda.

Simantab akan mengupas syarat naik pesawat dari Medan menuju Jakarta. Dan perbedaan level PPKM daerah asal dan tujuan yang berbeda beda membuat persyaratan yang harus disiapkanpun berbeda beda pulak.

Untuk itu diminta kepada pembaca untuk menyesuaikan dengan asal penerbangan dan tujuan penerbangan. Aturan yang demikian ketat di bandara harus menjadi perhatian serius travellers sehingga tidak terhambat ketika hendak berangkat ke daerah tujuan.

Sebelum berangkat anda, pastikan bahwa anda melengkapi diri dengan data sebagai berikut:

  1. Identitas diri (KTP/SIM) yang sah
  2. Kartu sertifikat vaksin minimal dosis 1
  3. JIka anda belum divaksin tetap boleh terbang dengan ketentuan bagi anak dibawah umur 12 tahun dan jika diatas 12 tahun anda dilengkapi dengan dokumen kepentingan perjalanan untuk medis berdasarkan Surat Keterangan dari Dokter spesialis, pasien dengan kondisi sakit keras, ibu hamil dengan pendamping 1 orang anggota keluarga, kepentingan persalinan dengan pendamping 2 orang dan pengantar jenazah non covid 19 dengan pendamping maksimal 5 orang.
  4. Memiliki dokumen hasil test negatif covid dari test RT – PCR (test yang lain tidak diperbolehkan).
  5. Untuk Tes RT-PCR sampel harus diambil dalam 3×24 jam sebelum keberangkatan.
  6. Surat keterangan hasil tes COVID-19 itu wajib dilengkapi dengan barcode atau kode QR.
  7. Hasil tes COVID-19 tersebut harus dikeluarkan oleh laboratorium yang telah resmi terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan terintegrasi PeduliLindungi.
  8. Penumpang dari daerah yang tidak memiliki fasilitas tes PCR/swab atau tes rapid, mohon melampirkan surat keterangan sehat dari rumah sakit/puskesmas yang menyatakan bahwa Anda bebas dari gejala seperti influenza.
  9. Mendownload Aplikasi pedulilindungi.id dan aplikasi e – Haq
  10. Isi eHAC yang terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi
  11. Tunjukkan barcode pada aplikasi PeduliLindungi untuk validasi dokumen perjalanan digital. Petugas counter check-in bandara akan melakukan proses validasi dokumen itu, meliputi hasil tes rapid antigen atau PCR, e-HAC, serta kartu/sertifikat vaksinasi COVID-19.
  12. Bawa dua (2) salinan semua persyaratan dokumen
  13. Isi surat pernyataan yang disediakan oleh maskapai pilihan anda.