2025, Siswa Penerima KIP SMA Otomatis Dapat KIP-K di Perguruan Tinggi

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Adhika Ganendra. (DOK YouTube Kemdikbud RI) 

simantab.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan mengembangkan program Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K). Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbudristek, Adhika Ganendra, mengungkapkan bahwa selama dua bulan terakhir, pihaknya tengah mengintegrasikan program KIP-K dengan KIP untuk pendidikan menengah.

 

“Kami sedang mengintegrasikan penerima KIP di pendidikan menengah agar langsung bisa melanjutkan ke pendidikan tinggi dengan KIP-K,” ujar Adhika dalam webinar “KIP Kuliah Wujudkan Mimpi Anak Indonesia” yang disiarkan di YouTube Kemdikbud RI, Jumat, 23 Agustus 2024.

 

Integrasi ini memungkinkan penerima KIP di tingkat pendidikan menengah untuk langsung mendapatkan KIP-K saat melanjutkan ke perguruan tinggi. Kemendikbudristek menargetkan penyelesaian integrasi ini pada 2025.

 

“Pada tahun 2025, siswa miskin penerima KIP di SMA akan otomatis mendapatkan KIP-K saat masuk ke pendidikan tinggi,” tambahnya.

 

Adhika juga menegaskan bahwa semua jalur penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi akan mendapatkan manfaat dari integrasi ini tanpa pengecualian. Jalur prestasi, tes, maupun mandiri semuanya akan tercover dalam integrasi ini.

 

“Penerima KIP SMA bisa menerima KIP-K melalui jalur prestasi, tes, atau mandiri,” tutup Adhika.

Iklan RS Efarina