Dunia  

AS Setujui Penjualan Jet Tempur Senilai Rp320 Triliun ke Israel di Tengah Perang Gaza

Foto: Bendera Israel dan Amerika berkibar di US Capitol selama unjuk rasa mendukung Israel dan memprotes antisemitisme di National Mall di Washington, 14 November 2023. (REUTERS/TOM BRENNER)

 

simantab.com – Amerika Serikat telah menyetujui penjualan jet tempur dan peralatan militer senilai lebih dari US$20 miliar (sekitar Rp320 triliun) ke Israel. Pentagon mengumumkan persetujuan ini pada Selasa, 13 Agustus 2024.

Menteri Luar Negeri Antony Blinken menyetujui penjualan jet tempur F-15 senilai hampir US$19 miliar, bersama dengan amunisi tank senilai US$774 juta dan kendaraan militer senilai US$583 juta. Pengiriman amunisi tank bisa segera dilakukan, sementara jet tempur F-15 akan memerlukan waktu bertahun-tahun untuk diproduksi dan dikirimkan.

Keputusan ini menegaskan dukungan kuat AS terhadap Israel, yang saat ini tengah berperang di Jalur Gaza. Sementara itu, Washington juga berupaya mengatur kesepakatan gencatan senjata di Gaza untuk mencegah konflik yang lebih luas di Timur Tengah.

Ketegangan meningkat setelah pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Iran dan komandan militer Hezbollah Fuad Shukr di Beirut, yang memicu ancaman balasan terhadap Israel. (cnbc) 

Iklan RS Efarina