Medan  

Lapas Tanjung Gusta Gelar Razia, Cegah Gangguan Keamanan

Lapas Kelas I Medan menggelar razia di seluruh blok hunian warga binaan.(f.ist) 

simantab.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta Medan menggelar razia mendadak di blok perumahan warga binaan pada Kamis (12/9) malam untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib).

Kepala Lapas Tanjung Gusta Medan, M. Pithra Jaya Saragih melalui Ka KPLP Eben Haezer Depari, menyatakan razia ini bertujuan menciptakan lingkungan yang aman dan bersih serta mendeteksi hal-hal mencurigakan.

Razia tanpa pemberitahuan ini memastikan tidak ada aktivitas mencurigakan di dalam blok perumahan.

“Kami rutin melakukan razia mendadak untuk menghindari smartphone, narkoba, dan pungutan liar yang bisa mengganggu keamanan,” tegasnya.

Petugas memeriksa setiap sudut blok perumahan, kamar warga binaan, serta area umum. Barang-barang terlarang yang ditemukan langsung diamankan sebagai barang bukti.

Di Blok T3 kamar A12, petugas menemukan beberapa warga binaan sedang belajar mengaji dan mengajar teman-teman lainnya. Meski demikian, razia tetap berlangsung setelah kegiatan ibadah mereka selesai, dan hasilnya tidak ada hal mencurigakan.

Begitu juga di Blok T7 kamar I10 dan T5 kamar N9, hasilnya serupa, tanpa temuan mencurigakan. Namun, petugas menyita barang terlarang seperti gunting kuku, mancis, dan sendok untuk dimusnahkan.

Selain itu, petugas memastikan kebersihan blok perumahan sesuai standar kesehatan. Kalapas menegaskan kegiatan ini sebagai bentuk pengawasan dan pelatihan kepada warga binaan agar tetap mematuhi aturan.

“Kami tak akan menoleransi pelanggaran dalam lapas. Tindakan yang mengganggu keamanan akan ditindak tegas,” tutupnya.

Iklan RS Efarina