IKLAN SAMPING SIMANTAB oleh Silverius Bangun
IKLAN SAMPING SIMANTAB oleh Silverius Bangun

AHY Ucapkan Selamat Kepada Ketua Umum PBNU Terpilih

Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Partai Demokrat menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Rais Aam dan Ketua Umum Nadhatul Ulama periode 2021 – 2026.

Selamat serta barakah atas terpilihnya KH Miftachul Akhyar sebagai Rais Aam dan KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) sebagai Ketua Umum PBNU periode (2021-2026), menggantikan KH Said Aqil Siradj.

Agus Harimurti Yudhoyono (Ketum PD)

Ucapan selamat tersebut disampaikannya melalui akun twitternya @AgusYudhoyono pada hari Jumat, 24 Desember 2021.

Dalam twitan yang sama, AHY menyampaikan harapannya kepada dua tokoh bangsa yang dipercaya mengemban tugas sebagai pengurus puncak organisasi islam terbesar di Indonesia tersebut.

“Semoga NU semakin kokoh dlm merawat pilar keislaman & keindonesiaan, meningkatkan kesejahteraan & kemandirian umat, mempromosikan corak Islam Wasathiyah sbg fondasi perdamaian global. Kami @PDemokrat siap bersinergi, utk menghadirkan kemaslahatan bagi umat, bangsa, & negara” ujar AHY

Muktamar NU yang diselenggarakan di Lampung pada tanggal 22 – 24 Desember 2021 ini merupakan Muktamar NU ke 34. Dalam AD/ART Nadhatul Ulama maka pemilihan untuk Rais Aam menggunakan sistem formatur Ahlul Halli Wal Aqdi (Ahwa) dimana 9 orang kiai sepuh bermusyawarah untuk memilih Rais Aam. Dan hasil musyawarah menetapkan KH Miftachul Akhyar sebagai Rais Aam.

Sedangkan pemilihan untuk Ketua Umum PBNU menggunakan one man one vote, dimana setiap Pimpinan Cabang dan Pimpinan Wilayah Nadhatul Ulama memiliki satu suara.

Dalam pemilihan Ketua Umum pada hari Kamis (23/11/2021) pada pukul 21.30 WIB diperebutkan oleh dua orang yaitu Ketua Umum PBNU Petahana Said Aqil Siraj dan Katib Aam Yahya Cholil Staquf.

Dalam perhitungan suara, Yahya Cholil Staquf memenangkan perolehan suara atas Said Aqil Siraj, 337 suara berbanding 220 suara dan 1 suara tidak sah.

Pasca perhitungan suara terlihat kedua kandidat berpelukan dan bersama sama melakukan konfrensi pers.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.