IKLAN SAMPING SIMANTAB oleh Silverius Bangun
IKLAN SAMPING SIMANTAB oleh Silverius Bangun

Ganggu Kamtibmas, Polisi Tindak Motor Pakai Knalpot Blong di Parapat

Simantab, Simalungun – Guna menciptakan rasa aman dan nyaman di kota wisata Parapat, personel Polsek Parapat rutin menggelar patroli keliling menyisir pengguna jalan yang melanggar rambu dan tertib berlalulintas sekaligus akan mengamankan kendaraan yang menggunakan knalpot bising atau lebih dikenal blong.

Hal ini disampaikan Kapolsek Parapat AKP Jonny Silalahi kepada wartawan, Selasa (25/1/2022) setelah selesai melakukan patroli keliling dan mengamankan pengguna knalpot bising (racing) di wilayah hukum Polsek Parapat.

“Parapat merupakan kota wisata jadi kita dari Polsek Parapat bertanggung jawab memberikan keamanan dan kenyamanan kepada warga terlebih kepada tamu dan pengunjung yang datang berlibur ke daerah kita, agar mereka betah,” ujar Kapolsek.

Polisi banyak menerima keluhan terkait Kamtibmas dari masyarakat selama ini terkait ributnya knalpot bising yang sering mengganggu kegiatan dan istirahat warga, termasuk para wisatawan.

“Menindaklanjuti masih adanya beberapa pengguna knalpot bising, kita dari polsek Parapat melakukan patroli keliling (mobile) setiap hari dan bukan razia, karena kalau razia pasti tidak akan dapat, mereka akan mutar atau lari,” katanya.

Selain patroli keliling, Polisi ke depan akan melakukan penjagaan titik pos padat pada pagi atau siang hari.

“Saat kita jaga pos padat maka pengguna septor berknalpot bising langsung kita amankan dan bawa ke Mako Polsek untuk dijemput oleh pemilik atau pengendara dengan mengganti knalpot yang standart, membawa surat surat dan membuat surat pernyataan untuk tidak memasang lagi,” lanjutnya.

Kapolsek menambahkan antisipasi berkala tidak hanya mobile patrol dilakukan tapi juga melakukan sosialisasi kepada sekolah sekolah yang ada di Parapat terutama tingkat sekolah menengah atas atau SMA.

“Bukan hanya patroli, kita juga lakukan sosialisasi ke sekolah sekolah dan menghimbau ke agar guru disekolah ikut membantu mengingatkan siswanya,” ujar Kapolsek.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.