Iklan JR Saragih

Kepala Dinas Pendidikan Dairi Bantah Soal Pemberitaan Siswa SD St. Yosef Sidikalang Tidak Mengikuti Pelatihan Gasing

 

DAIRI – Kepala Dinas Pendidikan Dairi, Fatimah Boangmanalu pastikan siswa SD Kelas 5 yang merupakan murid dari sekolah Dasar (SD) Swasta St Yosef Sidikalang yang bernama Alena Richelle Pardosi adalah, peserta pelatihan keterampilan berhitung cepat metode gasing bersama, Prof. Yohannes Surya Yang di Selenggarakan Pada 7 – 20 November 2022 yang lalu, yang di laksanakan di Taman Wisata Iman (TWI) Sitinjo Dairi.

 

Dikatakan Fatimah kepada awak media, Alena mengikuti pelatihan metoda gasing tersebut dengan biaya mandiri dan bukan merupakan tanggungan pihak sekolah SD St. Yosef Sidikalang.

“Dia memang bukan merupakan tanggungan SD. St. Yosef dalam pelatihan itu karena pakai biaya mandiri. Tapi yang pasti dia ikut pelatihan tersebut. Orang tua siswa juga meminta langsung secara tertulis kepada kepala sekolah untuk mengijinkan anaknya mengikuti Diklat meskipun biaya mandiri. Jadi jangan dipelintir, karena bukan tanggungan sekolah lalu dianggap tidak ikut pelatihan metoda gasing tersebut,” ucap Fatimah. Minggu (29/01/2022).

Bahkan dalam pelatihan tersebut, kata Fatimah, Alena menjadi salah satu siswa terbaik sehingga pihak prof. Yohannes Surya mengundang Alena melalui surat resmi menjadi utusan Kabupaten Dairi untuk tampil di hadapan Presiden Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) 2023 yang berlangsung di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Selasa (17/1/23) yang lalu. Tindak-lanjut surat dari profesor juga sudah kita sampaikan ke sekolah SD. St. Yosef sidikalang agar pihak sekolah dapat memberikan ijin kepada Alena.

“Jadi pemberitaan Alena tidak pernah ikut pelatihan gasing itu tidak benar, kami pastikan Alena peserta pelatihan metoda gasing dan dia mewakili Dairi tampil di hadapan Presiden Jokowi. Keberadaan Alena tampil dalam acara rakornas di Bogor itu harusnya kita apresiasi karena ada siswa kita yang membuat bangga Dairi,” ujar Fatimah.

Seperti diketahui, dalam acara Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda se-Indonesia di Sentul, 17 Januari 2023 lalu juga diadakan presentasi Siswa Terbaik Program Pandai Berhitung bersama Prof.Yohanes Surya di hadapan Presiden Jokowi, Menteri dan para kepala daerah.

Tidak akan mungkin pihak yayasan profesor Johanes Surya mengundang siswa yang tidak mengikuti pelatihan gasing. Jadi sekali lagi kami tegaskan bahwa Alena dipastikan mengikuti pelatihan gasing yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Dairi.

 

Josua Sitohang
Author: Josua Sitohang

Jurnalist

Iklan RS Efarina

Tinggalkan Balasan