IKLAN SAMPING SIMANTAB oleh Silverius Bangun
IKLAN SAMPING SIMANTAB oleh Silverius Bangun

Pemkab Toba, TNI dan Polri akan Tingkatkan Capaian Vaksin Primer dan Booster pada Masyarakat

Toba, Lintangnews.com | Wakil Bupati Toba, Tonny M Simanjuntak berharap, kerja sama semua pihak dalam meningkatkan capaian vaksinasi primer dan booster.

Hal ini dikatakan Tonny saat memimpin rapat penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Toba, bersama Kapolres, AKBP Akala Fikta Jaya, Dandim 0210/TU diwakili Pabung, Mayor Inf Kaminton Napitupulu, bertempat di Balai Data kantor Bupati, Kamis (17/2/2022).

Turut hadir dalam rapat yakni, Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda), Augus Sitorus, Staf Ahli Bupati, Audi Murphy O Sitorus, Kaban BPBD, Pontas Batubara, Kadis PMDPPA, Henry Silalahi, Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Kesehatan, Juliwan Hutapea, Plt Kadis Kominfo, Sesmon TB Butarbutar, Kabid Faskes, Mangapul Pardede dan pejabat lainnya. Sementara para Camat dan 19 Kepala Puskesmas (Kapus) yang hadir via zoom meeting.

“Melihat perkembangan penyebaran Covid- 19 di Toba kita harus segera mengambil tindakan cepat dan tepat dalam penanggulangannya. Saya harapkan, Satgas Covid-19 di setiap Desa segera di aktifkan dan dimaksimalkan kembali. Untuk kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) agar dievaluasi,” ujar Tonny.

Dia berharap, Satgas Covid- 19 Toba dan seluruh dinas terkait untuk bahu membahu meningkatkan capaian vaksinasi Primer dan Booster. Terutama kepada para pendidik, tenaga kependidikan, siswa-siswi, mahasiswa, orang tua, dan keluarga serta seluruh civitas akademika.

Sementara Plh Sekda meminta Satgas Covid- 19 dan dinas terkait melakukan survei mitigasi, apabila menemukan kasus baru pada anak didik di sekolah. Bahkan PTM terbatas akan dihentikan jika positif rate lebih dari 5 persen.

Dalam paparan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk kasus Covid- 19 di Toba berdasarkan kategori profesi sebagai berikut:

1). Pelajar 65 orang.
2). Petani/Wiraswasta/ 61 orang.
3). Tenaga Kesehatan 17 orang.
4). Karyawan 14 orang.
5). Guru 13 orang.
6). PNS 5 orang dan
7). Mahasiswa 4 orang.

Sehingga total yang terkonfirmasi positif sampai dengan hari ini sebanyak total 179 orang.

Sedangkan untuk ketersediaan vaksin di Toba saat ini yakni, Pfizer sebanyak 2.942 dosis, Astrazaneca 9.360 dosis dan Moderna 140 dosis.

Kapolres berpesan agar berkolaborasi bahu membahu dalam percepatan target capaian vaksin. Menurutnya, TNI dan Polri siap membantu percepatan capaian vaksinasi di Toba.

“Kalau bisa 1 minggu kedepan kita bersama sama turun kelapangan, kita gotong royong dari Desa ke Desa dan dari pintu ke pintu,” tegas Akala.

Sementara Audi Murphy memberikan arahan kepada seluruh Camat se-Kabupaten Toba untuk saling bekerja sama melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat yang belum vaksin di seluruh Desa hingga Dusun.

Sehingga target capaian vaksin di Toba segera terlaksana, karena dengan vaksinasi keterpaparan Covid-19, kekebalan tubuh lebih terbentuk.

Sementara laporan Satgas Covid- 19 Toba yang disampaikan Juliwan Hutapea, dalam seminggu terakhir muncul sebanyak 100 lebih kasus baru yang didominasi kalangan pelajar.

Berdasarkan laporan update Satgas Covid-19 Toba per tanggal 17 Februari 2022 ada 36 orang pasien Covid- 19 bertambah dari Kecamatan Ajibata (1 orang), Lumban Julu (2 orang), Porsea (6 orang), Uluan (7 orang), Sigumpar (2 orang), Balige (2 orang), Laguboti (5 orang), Narumonda (1 orang) dan Parmaksian (10 orang).

Ini membuat jumlah pasien aktif Covid-19 di Toba menjadi sebanyak 184 orang pasien, dengan pesatnya bertambah 36 orang terkonfirmasi.

Itu membuat jumlah kumulatif kasus Covid-19 di Toba menjadi sebanyak 2.655 kasus, dengan rincian 2.363 orang pasien sudah sembuh, sehingga kasus pasien aktif sebanyak 184 orang yang dirawat di Rumah Sakit (RS) dan isolasi mandiri (isoman), sementara kasus pasien meninggal sampai hari ini berjumlah 108 orang. (M Tupang)

Artikel Pemkab Toba, TNI dan Polri akan Tingkatkan Capaian Vaksin Primer dan Booster pada Masyarakat pertama kali tampil pada LintangNews.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.