Otopsi Ulang Brigadir J Dilakukan Oleh Tim Forensik Indonesia

Jambi, Otopsi jenazah Brigadir Nofriansyah Josua Hutabarat (Brigadir J) sudah dilakukan dan jenazah sudah dibawa ke RSUD Sungai Bahar, Jambi. Otopsi ulang ini dilakukan oleh Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia (PDFI). 

Otopsi ulang ini dipimpin langsung oleh Ketua PDFI yaitu Ade Firmansyah Sugiharto dan melibatkan tiga orang guru besar forensik yang berasal dari Universitas terkemuka di Indonesia. 

Proses penggalian kuburan jenazah, Rabu (27/7/2022) seperti disiarkan oleh Kompas TV terlihat dipadati oleh aparat kepolisian dan masyarakat sekitar.

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menyatakan bahwa pihaknya mengirimkan satu orang dokter forensik sesuai permintaan dari Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia.

Lembaga itu meminta dokter forensik F yang merupakan dokter forensik di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Rabu (27/7) menyatakan bahwa hasil otopsi ulang akan dibuka ke publik.

Pasca otopsi ulang ini, Brigadir Nofriansyah Josua Hutabarat (Brigadir J) akhirnya dikebumikan secara kedinasan oleh pihak kepolisian seperti permintaan keluarga kepada tim khusus.

Adapun hasil otopsi ulang saat ini sedang disimpulkan oleh tim dokter forensik. Dimana pihaknya akan membawa hasilnya ke RSCM untuk diperiksa lanjutan.

Ini adalah konfrensi pers dari tim dokter forensik. Konfrensi pers dilakukan oleh Ketua tim dokter yang merupakan Ketua Umum Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia, Ade Firmansyah Sugiharto.