Kapolres Simalungun Sidak Sel Tanya Keluhan Tahanan

Simantab – Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung melakukan inspeksi di RTP (Ruang Tahanan Polisi) Mako Polres Simalungun, Kecamatan Pamatang Raya, Senin(29/5/2023). Sejumlah petugas sempat terkejut lantaran inspeksi orang nomor wahid di Polres Simalungun digelar secara mendadak.

Pengecekan RTP atau sel tahanan bertujuan untuk menjaga kesiapsiagaan petugas jaga dalam mengantisipasi terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan, seperti tahanan kabur dan sebagainya.

Perwira berpangkat dua melati emas memberi arahan kepada petugas jaga dan turut melakukan pengecekan mulai dari buku mutasi jaga, jumlah/daftar tahanan, perlengkapan seperti racun api serta kondisi sel tahanan.

Selanjutnya Kapolres memeriksa tahanan masyarakat dan menanyakan kondisi tahanan apakah dalam keadaan sehat dan menanyakan keluhan tahanan selama berada dalam rutan Simalungun.

Kapolres juga menekankan kepada petugas jaga tahanan agar selalu meningkatkan kewaspadaan, melakukan pengecekan dan kontrol tahanan setiap saat, jaga kebersihan serta perhatikan makan dan olahraga tahanan sehingga para tahanan tidak berpikiran macam – macam selama ditahan.

“Kegiatan pengecekan sel tahanan bertujuan untuk melihat dan memastikan bahwa seluruh tahanan dalam keadaan sehat, kita juga memastikan kondisi bangunan dan kamar-kamar blok yang ada didalam berfungsi dengan baik, tidak ada upaya-upaya untuk menggangu ataupun merusak tralis besi dan diding-dinding yang menutup atau membatas ruang sel tahanan ini, kita juga memeriksa terhadap barang-barang bawaan para tahanan yang disimpan dan ditemukan beberapa barang yang kita larang seperti korek api, rokok, kita lakukan penyitaan dan pemusnaan, secara umum tidak ada ditemukan barang-barang yang berbahaya ataupun mencurigakan bisa berpotensi untuk melakukan kejahatan-kejahatan,” ujarnya.

Terhadap tahanan ia juga menyampaikan himbauan-himbauan agar menghadapi perkara dengan penuh tanggung jawab, dengan harapan agar setelah selesai menjalankan hukuman bisa berubah lebih baik, serta bisa bermanfaat bagi masyarakat dengan tidak melakukan perbuatan tindak pidana.

Selain itu Kapolres kepada petugas jaga meminta untuk selalu waspada, selalu siaga, dan selalu memperhatikan terhadap para pengunjung yang menjenguk untuk barang-barang bawaan tetap dilakukan pemeriksaan, agar tidak ada barang yang berbahaya yang dilarang bisa masuk kedalam ruang sela tahanan Polres Simalungun.

“Kita juga akan melakukan Evaluasi dengan menambahkan beberapa Camera CCTV di dalam Ruang Seltahanan Polres Simalungun tentu ini berfungsi untuk membantu dalam melakukan pengawasan dan Kontrol di dalam ruang tahanan dan aktifitas yang akan dilakukan oleh para tahanan,” tandasnya.

Iklan RS Efarina