Kepala BNPB Ngaku Alumni Covid, Semangati Satu Keluarga Terpapar di Bali 

Peninjauan Ka BNPB Letjen TNI Ganip Warsito di fasilitas isolator terpusat Wisma Bima di Badung, Denpasar, pada Jumat (20/8/2021). (Foto: BNPB)

Denpasar – Kepala BNPB Ganip Warsito memberi semangat kepada satu keluarga yang terpapar Covid-19 di Bali. Ganip mendorong mereka untuk sehat dan mengaku juga alumni Covid-19.

“Sehat, sehat, cepat sehat, Bu!” ujar Ganip kepada keluarga tersebut, saat berkunjung pada salah satu fasilitas isolasi terpusat (isoter) di Wisma Bima, Denpasar, Bali pada Jumat (20/8/2021). Isoter yang berkapasitas 65 tempat tidur masih merawat 42 warga. 

Ganip menanyakan kondisi seorang ibu yang melakukan isolasi bersama dengan anggota keluarganya di wisma tersebut. Ganip pun menghibur dengan bercanda.

Warga yang tidak dapat melakukan isolasi mandiri, saya sarankan untuk segera menuju ke fasilitas isolasi terpusat

“Tidak apa-apa Bu, sementara mengontrak dulu,” katanya. 

Ganip mengatakan bahwa Covid-19 ini bukan aib. Dirinya pun pernah terpapar dan telah pulih. Ia menyebut mereka yang pernah terinfeksi ini sebagai ‘alumni’. 

Ganip berpesan kepada masyarakat, apabila telah terpapar Covid-19 segera melapor kepada petugas setempat. 

Mereka yang telah melapor dapat segera termonitor oleh petugas kesehatan sehingga cepat tertangani sejak dini. 

“Warga yang tidak dapat melakukan isolasi mandiri, saya sarankan untuk segera menuju ke fasilitas isolasi terpusat bagi yang OTG atau bergejala ringan,” ujarnya. 

Tujuannya supaya warga dapat terobati dan pulih secara cepat serta tidak menimbulkan penyebaran baru di dalam keluarga atau masyarakat sekitar. 

Data Wisma Bima per hari ini, Jumat (20/8/2021), warga yang telah memanfaatkan fasilitas dan sembuh berjumlah 93 orang. Sedangkan masih melakukan isolasi, total warga berjumlah 42 orang. 

Kepala BNPB juga menyempatkan diri untuk meninjau isoter Prime Biz yang berada di kawasan Kuta. 

Fasilitas isoter ini memiliki 130 kamar dengan 199 tempat tidur. Warga yang sedang dirawat berjumlah 193 orang, sedangkan mereka yang telah sembuh dan menggunakan fasilitas ini sebanyak 388 orang. 

Pada setiap kunjungan Ganip tak lupa untuk menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para petugas kesehatan yang telah membantu masyarakat dalam penanganan medis Covid-19. 

Ia juga menyampaikan penghargaan atas upaya kerja keras pemerintah daerah dan mitra terkait lainnya dalam pengendalian penyebaran virus di wilayah Bali. []