Muscab “Kucing Kucingan” ala Partai Demokrat Sumut

Medan, Musyawarah cabang (muscab) 18 Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat se Sumatera Utara resmi digelar kemarin, Minggu – Senin, (29-30 Mei 2022) di Le Polonia Hotel, Kota Medan.

Penyelenggaraan musyawarah cabang ini terkesan terselubung karena pemberitaan muscab baru muncul sehari menjelang muscab, 28 Mei 2022.

Kristian, S.Sos, M.Hum kepada simantab menanggapi hal tersebut menyatakan:

Mungkin demokrat hari ini, ingin tertutup dan tidak ingin terpublikasi.

Musyawarah Cabang merupakan arena pertarungan kandidat yang berminat untuk menjadi Ketua DPC Partai Demokrat. Dimana di forum muscab tersebut, Pimpinan Anak Cabang (PAC) akan memberikan suaranya kepada para kandidat dan setelah diverifikasi maka kandidat yang memperoleh dukungan 20% akan diberangkatkan ke DPP dimana BPOKK DPP Partai Demokrat yang akan menetapkan Ketua DPC terpilih.

Tata cara dan mekanisme musyawarah cabang Partai Demokrat diatur dalam Peraturan Organisasi No. PO/02/DPP-PD/V/2021 yang dikeluarkan oleh DPP Partai Demokrat pada tanggal 03 Mei 2021.

Jika mengacu kepada Peraturan Organisasi Partai Demokrat Pasal 6 ayat C yang berbunyi:

Penyelenggara muscab atau muscablub adalah Dewan Pimpinan Cabang (PAC) Partai Demokrat.

Tentu saja untuk musyawarah cabang yang diselenggarakan oleh DPD Partai Demokrat Sumatera Utara ini melanggar peraturan organisasi dimaksud.

Selanjutnya mengacu ke PO yang sama maka untuk bakal calon ketua DPC Partai Demokrat dinyatakan dalam Pasal 13 point b (3) yang berbunyi:

Bakal calon ketua DPC hasil penjaringan yang akan diajukan dalam muscab/muscablub diputuskan dan ditetapkan oleh DPP Partai Demokrat selambat lambatnya 7 (tujuh) hari sebelum pelaksanan muscab/muscablub.

Bahkan menurut Peraturan Organisasi Partai Demokrat Pasal 15 ayat g tentang persyaratan bakal calon Ketua DPC Partai Demokrat terdapat 7 persyaratan dimana di point (3) berbunyi:

Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter.

Salah seorang kandidat Ketua DPC yang dihubungi simantab mengaku belum membawa surat keterangan tersebut dan menyatakan surat itu bukanlah sebuah persyaratan.

Pelaksanaan musyawarah cabang Partai Demokrat adalah komitmen Partai Demokrat untuk patuh kepada asas yang berlaku, sehingga pelaksanaan musyawarah cabang yang cacat dan melanggar prosedur harus diantisipasi sedini mungkin.

Ketua BPOKK DPD Partai Demokrat Sumatera Utara H.M. Sazali ketika dikonfirmasi oleh simantab sampai dengan Senin, 30 Mei 2022 pukul 12.00 belum berhasil.

Simantab juga sedang mengirimkan konfirmasi kepada Ketua BPOKK Partai Demokrat Herman Kheorun.