Ucapan Selamat Idul Fitri Simantab

Polres Simalungun Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba Amankan Lebaran

Simantab – Dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1445 H tahun 2024, Polres Simalungun mengadakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba 202 pada hari Rabu, 3 April 2024.

 

Sebanyak 400 personel dalam pelaksanaan operasi ini, dengan dibantu rekan-rekan dari TNI serta pemerintah daerah, dan 6 Pos Pengamanan dan 2 Pos Pelayanan serta 1 Pos Terpadu yang berada di Pelabuhan Tiga Ras.

 

Kapolres Simalungun, AKBP Choky Sentosa Meliala, menyampaikan, apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan lebaran.

 

Selama Operasi Ketupat 2024, peran serta masyarakat dalam mendukung pelaksanaan ini sangatlah penting. Oleh karena itu, diharapkan juga adanya kesadaran kolektif bagi para pemudik untuk mematuhi aturan yang telah ditetapkan demi keselamatan bersama.

 

Dia mengimbau masyarakat untuk mengikuti informasi resmi dari pihak berwenang dan tidak mudah terprovokasi oleh berita atau informasi yang tidak jelas kebenarannya. Sebab dalam era digital seperti saat ini, penyebaran informasi yang cepat terkadang dapat menimbulkan kepanikan jika tidak dikonfirmasi dengan sumber yang kredibel.

 

Selain itu untuk mengatasi kemacetan dan kecelakaan yang sering terjadi di musim mudik, ditekankan pula pentingnya pemudik untuk melakukan pengecekan dan perawatan terhadap kendaraan digunakan.

 

“Pengendara diingatkan untuk istirahat yang cukup jika merasa lelah selama di perjalanan dan mengutamakan keselamatan di atas segalanya,” ujarnya.

 

Kapolres mengapresiasi kerja keras dari seluruh tim yang telah terlibat dalam persiapan Operasi Ketupat 2024. Komitmen dari TNI-Polri hingga ke pemerintah daerah dan semua stakeholder terkait dalam menyukseskan operasi ini diharapkan tidak hanya menjadikan proses mudik yang aman dan lancar, tapi juga dapat semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaiknya.

 

Operasi Ketupat Toba 2024 bertujuan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat selama periode Idul Fitri. Dalam amanatnya, AKBP Choky Sentosa Meliala menekankan pentingnya sinergi dan kerjasama antar instansi dalam menjaga kondusivitas wilayah Kabupaten Simalungun.

 

Kegiatan apel dan gelar pasukan ini mencakup beberapa tahapan, mulai dari persiapan pasukan, laporan perwira apel, penghormatan pasukan, penyematan pita tanda operasi, hingga doa bersama sebagai penutup. Penyematan pita tanda operasi Ketupat Toba 2024 menjadi salah satu momen penting, yang secara simbolis menandakan kesiapan seluruh elemen yang terlibat.

 

Operasi melibatkan personel dari Kodim 0207/Sml, Dandenpom 1/1 Pematang Siantar, Dishub Kab. Simalungun, dan beberapa detasemen khusus lainnya.

Iklan RS Efarina