Ucapan Selamat Idul Fitri Simantab

Setengah Hektar Lahan Pertanian di Simalungun Terbakar

Simantab – Lahan pertanian seluas setengah hektar di Kabupaten Simalungun hangus terbakar. Areal lahan yang terbakar berada di hutan register yang ditanami tanaman sawit dan karet, diketahui milik masyarakat.

 

Informasi diperoleh menyebutkan, kebakaran lahan terpantau lewat aplikasi Lancang Kuning, Selasa (27/2/2024). Berdasarkan teknologi itu diketahui lokasi lahan yang terbakar berada di Juma Bah Batak Dusun Nagori Asih, Nagori Nagori Dolok, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun.

 

Guna mencegah kebakaran meluas, Kapolsek Silau Kahean AKP JH Sinaga beserta anggota menyambangi lokasi lahan yang dikelola Martuaman Saragih. Turut bersama mereka sejumlah perangkat desa setempat, untuk mengecek titik api.

 

Kapolsek mengutarakan lahan yang terbakar dengan luas diperkirakan mencapai 0,5 hektar merupakan kepunyaan warga. Menurutnya tak ada korban jiwa atas kejadian tersebut. Hasil pemantauan menyimpulkan seluruh api sudah padam.

 

Pun demikian, Kapolsek mengingatkan masyarakat setempat untuk tidak melakukan pembakaran hutan yang dapat menyebabkan kerugian yang lebih luas lagi. Menurut dia pentingnya menjaga alam sekitar dan menghindari pembakaran lahan sebagai cara untuk membuka lahan baru.

 

Dari peristiwa tersebut AKP JH Sinaga harap dapat dijadikan pembelajaran untuk lebih berhati-hati dalam mengelola lahan pertanian dan mencegah kebakaran hutan di masa mendatang.

 

Dia menambahkan, pengecekan lahan kebakaran merupakan bagian dari komitmen Polsek Silau Kahean dan Polres Simalungun dalam menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat serta menjaga kelestarian alam di Kabupaten Simalungun.

Iklan RS Efarina